Pengaruh kepercayaan dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna marketplace Sociolla

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Rahmafaustine, Nadia Sarasaphira
dc.date.accessioned 2022-11-14T01:14:13Z
dc.date.available 2022-11-14T01:14:13Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42263
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13702
dc.description 24453 - FE en_US
dc.description.abstract Pada era globalisasi yang semakin maju ini, kecanggihan teknologi sangat berkembang pesat seiring dengan munculnya berbagai platform digital untuk berbelanja secara daring. Indonesia sendiri merupakan pengadopsi e-commerce tertinggi di dunia sehingga perusahaan harus bersaing dalam suatu kompetisi bisnis dalam menciptakan kepercayaan dan menarik pelanggan dengan beragam promosi penjualan yang ditawarkan sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna marketplace Sociolla. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah kepercayaan (X1) dengan dimensi kesungguhan atau ketulusan, kemampuan, integritas, dan kesediaan untuk bergantungan. Variabel independen lainnya yaitu promosi penjualan (X2) dengan dimensi sampel, kupon atau voucher, uang kembali, paket harga, dan premium. Sedangkan variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini yaitu loyalitas pelanggan (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan metode purposive sampling dimana responden harus sudah melakukan pembelian di marketplace Sociolla sebanyak lebih dari sekali. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan (X1) dan promosi penjualan (X2) berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan (Y). Besarnya pengaruh masing-masing variabel independen tersebut terhadap loyalitas pelanggan adalah 27,1% untuk kepercayaan dan 38,7% untuk promosi penjualan. Lalu secara bersamaan terdapat pengaruh yang positif dari kepercayaan dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, besarnya kontribusi kepercayaan dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 31,3%, sedangkan sebesar 68,7% merupakan kontribusi dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Penulis juga memberikan beberapa saran untuk Sociolla berdasarkan pembahasan dari analisa yang sudah diteliti. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Sociolla en_US
dc.subject kepercayaan en_US
dc.subject promosi penjualan en_US
dc.subject loyalitas pelanggan en_US
dc.title Pengaruh kepercayaan dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna marketplace Sociolla en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120193
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8899433420
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account