Abstract:
Pada era globalisasi yang semakin maju ini, kecanggihan teknologi sangat
berkembang pesat seiring dengan munculnya berbagai platform digital untuk berbelanja
secara daring. Indonesia sendiri merupakan pengadopsi e-commerce tertinggi di dunia
sehingga perusahaan harus bersaing dalam suatu kompetisi bisnis dalam menciptakan
kepercayaan dan menarik pelanggan dengan beragam promosi penjualan yang ditawarkan
sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan promosi
penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna marketplace Sociolla. Variabel
independen yang digunakan pada penelitian ini adalah kepercayaan (X1) dengan dimensi
kesungguhan atau ketulusan, kemampuan, integritas, dan kesediaan untuk bergantungan.
Variabel independen lainnya yaitu promosi penjualan (X2) dengan dimensi sampel, kupon
atau voucher, uang kembali, paket harga, dan premium. Sedangkan variabel dependen
yang digunakan pada penelitian ini yaitu loyalitas pelanggan (Y).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Penulis menyebarkan kuesioner
kepada 100 responden dengan metode purposive sampling dimana responden harus
sudah melakukan pembelian di marketplace Sociolla sebanyak lebih dari sekali.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan (X1) dan promosi
penjualan (X2) berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan (Y). Besarnya
pengaruh masing-masing variabel independen tersebut terhadap loyalitas pelanggan
adalah 27,1% untuk kepercayaan dan 38,7% untuk promosi penjualan. Lalu secara
bersamaan terdapat pengaruh yang positif dari kepercayaan dan promosi penjualan
terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil perhitungan
koefisien determinasi, besarnya kontribusi kepercayaan dan promosi penjualan terhadap
loyalitas pelanggan adalah sebesar 31,3%, sedangkan sebesar 68,7% merupakan
kontribusi dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Penulis juga memberikan beberapa saran untuk Sociolla berdasarkan
pembahasan dari analisa yang sudah diteliti.