Analisis pengaruh advertising dan sales promotion terhadap niat beli pada aplikasi Doku

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Irawan, Felicia Juan
dc.date.accessioned 2022-11-11T06:12:35Z
dc.date.available 2022-11-11T06:12:35Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42265
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13700
dc.description 24455 - FE en_US
dc.description.abstract Saat ini, kita sedang berada pada masa ekonomi digital. Beberapa kegiatan masyarakat dapat diselesaikan dengan bantuan teknologi, dari aspek transportasi, pendidikan hingga keuangan. Perusahaan startup di bidang keuangan (Fintech) turut berkembang di Indonesia, salah satunya adalah Doku. Perusahaan ini menyediakan instrumen pembayaran berupa dompet digital yang memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran. Hasil survey JAKPAT pada tahun 2020 menunjukkan bahwa dari jumlah 2.359 responden, 97% di antaranya adalah pengguna aktif electronic wallet. Pertumbuhan pengguna layanan keuangan ini terbagi ke dalam beberapa merek e-wallet yaitu Gopay, Ovo, Dana, Shopee Pay, Link Aja hingga Doku. Namun, berdasarkan data survei yang diambil dari Databoks.id, menunjukkan sebesar 7,5% responden dari total 100% responden yang menggunakan Doku dan berada pada urutan ke-8 (rendah) dari total 11 merek e-wallet. Beberapa faktor dapat menjadi penyebab fenomena ini terjadi, oleh karena itu penulis melakukan preliminary research kepada 30 responden yang belum pernah menggunakan Doku dan diperoleh alasan bahwa mereka tidak pernah menemukan iklan Doku dan sangat sulit mendapatkan informasi terkait promo yang ditawarkan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang advertising dan sales promotion yang diperkirakan menjadi penyebab niat beli pada aplikasi Doku rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising dan sales promotion terhadap niat menggunakan Doku yang merupakan turunan dari teori niat beli. Metode penelitian ini adalah descriptive research dengan jenis penelitian kuantitatif. Penulis menggunakan judgement sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna aktif ewallet yang minimal berbelanja menggunakan e-wallet minimal 1-3 kali dalam sebulan. Dalam penelitian ini diperoleh 202 responden dari pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner online dan hasilnya di analisis dengan analisis deskriptif dan linear berganda (IBM SPSS 28 ver.). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara advertising (X1) dan sales promotion (X2) terhadap niat beli (Y) secara simultan maupun parsial. Berdasarkan uji koefisien R2, menunjukkan sebesar 43,0% variabel independen berkontribusi terhadap variabel dependen. Hasil ini disajikan dengan menggunakan tabel serta grafik. Adapun dengan analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa penayangan iklan dan promo potongan harga yang dilakukan oleh Doku kurang menarik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject advertising en_US
dc.subject sales promotion en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.subject e-wallet en_US
dc.title Analisis pengaruh advertising dan sales promotion terhadap niat beli pada aplikasi Doku en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120197
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account