Abstract:
PT. Imora Motor atau juga lebih dikenal dengan Honda Jakarta Center adalah perusahaan
yang bergerak dalam industri otomotif sejak tahun 1964. Sebagai main dealer dan
distributor mobil Honda di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi
(JABODETABEK) perusahaan tentu mendapatkan tantangan setiap tahunnya dan dapat
melewati dengan baik hingga bertahan sampai sekarang ini. Pada tahun 2020, virus
COVID-19 (Coronavirus Disease – 2019) melanda seluruh dunia dan membuat
Indonesia juga terkena imbasnya pada aspek ekonomi, begitu juga dengan industri
otomotif. Penularan virus COVID-19 yang begitu cepat menular, membuat pemerintah
mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) & Work From Home
(WFH) dan sebagai perusahaan yang taat pada pemerintah PT. Imora Motor harus
beradaptasi dengan keadaan dan melakukan perubahan sistem kerja dari saat offline
menjadi online, salah satunya adalah aktivitas recruitment & selection.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif evaluatif pada terhadap
aktivitas rekrutmen & seleksi dengan, menggunakan data kualitatif & kuantitatif. Dalam
mengumpulkan data peneliti menggunakan studi literatur, wawancara, observasi, dan
mendapatkan data dari perusahaan. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah dengan
mengumpulkan data, melakukan analisa mengenai keseluruhan proses rekrutmen & seleksi
baik pada masa pandemi maupun sebelum pandemi, lalu menarik kesimpulan dan
memberikan saran agar perusahaan dapat melakukan peningkatan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Imora Motor secara perhitungan
pencapaian target, perhitungan cost per hire, dan time to fill a job vacancy selama pandemi
lebih efektif dibandingkan dengan sebelum pandemi, namun melihat yield ratio dan
kualitas karyawan dapat dikatakan bahwa sebelum masa pandemi lebih baik dibandingkan
pada saat pandemi ini.