Abstract:
Sejak dahulu, transportasi merupakan bagian yang penting dari kehidupan masyarakat. Kini telah terjadi perubahan dari segi kemajuan teknologi yang dapat membuat fitur-fitur di kendaraan menjadi lebih canggih, salah satunya untuk mobil. Saat ini, mobil telah menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai kendaraan pribadi yang dapat mendukung aktivitas mereka. Banyak perusahaan-perusahaan otomotif terutama untuk segmen mobil mewah terus memperluas cakupan bisnis pelayanan mereka, terutama untuk bagian pemeliharaan dan perbaikan. Hal ini juga membuat perusahaan menciptakan berbagai inovasi dan diferensiasi dari sisi produk/pelayanan, harga, tempat, promosi, orang/karyawan, proses, maupun bukti fisik agar dapat unggul. Penelitian ini mencoba menganalisis bagaimana pengaruh dari bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas pelanggan di PT Agung Toyota yang terletak di Kota Tanjungpinang.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik. Metode statistik yang digunakan untuk mengolah data adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, serta analisis regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen. Pada penelitian ini diperoleh hasil bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel produk atau hasil service dan variabel proses pada pelayanan jasa terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di PT Agung Toyota Tanjungpinang.