Abstract:
Untuk bisa bertahan dalam persaingan pasar yang ketat dalam dunia bisnis, pelaku usaha harus mampu mempunyai keunggulan, kualitas yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pelanggan. Vivi Wedding Make Up salah satu jasa yang bergerak di bidang salon dan MUA di Bandung. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk membuat strategi dalam mempertahankan kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan untuk menghadapi persaingan bisnis di Kota Bandung yaitu Salon Vivi Wedding Make Up. Salon Kecantikan Vivi Wedding Make Up berdiri sejak tahun 2015 yang pada awalnya adalah sebuah tempat untuk merias atau bisnis yang bergerak di bidang Wedding
Jenis metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Dengan jenis penelitian kualitatif maka data yang diperoleh harus jelas, mendalam dan spesifikasi. Dalam penelitian ini data yang akan digunakan adalah dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, & Threats) untuk mengetahui strategi bersaing pada salon Vivi Wedding Make Up.
Berdasarkan hasil penelitian Salon Vivi Wedding Make Up berada di situasi yang kuat. Salon Vivi Wedding Make Up ini memiliki peluang dan kekuatan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mempertahankan loyalitas pelanggan untuk menghadapi persaingan bisnis di Kota Bandung. Strategi yang digunakan oleh Salon Vivi Wedding Makeup ada strategi intensif yaitu strategi Pengembangan pasar (market development) yaitu trategi yang meliputi pengenalan produk atau jasa yang ada saat ini ke wilayah-wilayah geografis yang baru dan melalui Differentiation Strategy yaitu upaya perusahaan untuk menemukan keunikan tersendiri dalam industri pasar yang sama.