Abstract:
Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang menjadi keunggulan
masyarakat Jawa Barat. Pada tahun 2018, Kementerian Pariwisata menunjuk Jawa
Barat sebagai salah satu kota wisata kuliner yang ada di Indonesia. Seiring
berjalannya waktu, bisnis kuliner di Kota Bandung sendiri terus berkembang setiap
tahunnya. Pada tahun 2012 baru ada 196 kafe yang terdaftar di Kota Bandung,
sementara pada tahun 2017 berkembang menjadi 870. Perkembangan bisnis kuliner
yang pesat setiap tahunnya memaksa pemilik bisnis kuliner untuk terus melakukan
inovasi dalam penawaran yang diberikan kepada pelanggan. Mulai dari lini produk
hingga suasana yang ditawarkan dari bisnis kuliner menjadi keunggulan yang
ditonjolkan kepada masyarakat.
Penelitian yang dilakukan merupakan sebuah penelitian yang bersifat
deskriptif dan kualitatif serta memiliki tujuan untuk mencari tahu bagaimana
strategi yang perlu dilakukan oleh Kanoko Coffee dalam menghadapi persaingan
ke depannyai. Dengan teknik mengumpulkan data berupa wawancara serta
observasi langsung terhadap pemilik dari Kanoko Coffee, data yang didapatkan
dianalisis dan disimpulkan dalam sebuah Business Model Canvas.
Berdasarkan dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa ke
depannya Kanoko Coffee perlu menyiapkan strategi bersaing yang sesuai dengan
Business Model Canvas. Strategi yang perlu disiapkan ke depannya adalah inovasi
produk yang ditawarkan kepada pelanggan dan calon pelanggan yang tidak terbatas
pada produk makanan dan minuman saja.