Abstract:
Industri makanan dan minuman di Kota Bandung tengah mengalami
pertumbuhan yang cukup signifikan pada tahun 2018. Sehubungan dengan semakin
meningkatnya jumlah café maka persaingan akan semakin ketat dan dapat
mempengaruhi pertimbangan pada konsumen untuk melakukan keputusan
pembelian. Promosi penjualan merupakan salah satu aktivitas yang perlu
diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka pembelian pada konsumen. CV.
Kopisiologi Indonesia merupakan salah satu dari industri makanan dan minuman.
Salah satu cara yang digunakan oleh CV. Kopisiologi Indonesia untuk mendorong
pembelian pada konsumen yaitu dengan sales promotion. Untuk melihat pengaruh
dari kegiatan promosi, perusahaan perlu mengetahui pertimbangan keputusan
pembelian pada konsumen agar dapat melihat promosi apa yang dapat efektif
digunakan di perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden
yang sedang mengunjungi CV. Kopisiologi Indonesia. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif dengan mengacu
pada kondisi yang terdapat di dalam perusahaan. Data diolah dengan menggunakan
beberapa uji untuk mengetahui pengaruh antara sales promotion terhadap
keputusan pembelian
Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sales promotion terhadap
keputusan pembelian. Sales promotion yang dilakukan oleh CV. Kopisiologi
Indonesia berpengaruh sebesar 43,9% terhadap keputusan pembelian konsumen.