Analisis strategi pengembangan bisnis menggunakan business model canvas pada Toko Emas Jaya Baru Karawang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pawitan, Gandhi
dc.contributor.author Limbong, Enrika Yonata
dc.date.accessioned 2022-11-08T01:23:20Z
dc.date.available 2022-11-08T01:23:20Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41474
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13574
dc.description 9840 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi pengembangan yang dilakukan oleh Toko Emas Jaya Baru dalam menghadapi situasi pandemi yang berbeda, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Toko Emas Jaya Baru dan mengetahui pengaruh lingkungan eksternal Toko Emas Jaya Baru dalam mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini akan dibatasi cakupannya pada penjualan produk perhiasan emas kuning dan putih karena kedua produk perhiasan tersebut lebih umum dipakai oleh masyarakat dari semua kalangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Data utama penelitian ini didapatkan dengan cara wawancara dengan pemilik Toko Emas Jaya Baru dan melakukan observasi langsung ke tempat penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah Bapak Marco Handoko selaku pengelola sekaligus pemilik dari Toko Emas Jaya Baru. Proses pengumpulan data terdiri dari wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis PEST, analisis SWOT, matriks SWOT dan analisis business model canvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Toko Emas Jaya Baru dalam mempertahankan bisnisnya adalah mengadakan sistem tabungan nominal pembelian sesuai gram. Agar tetap memperoleh keuntungan, pemilik melakukan pengurangan harga ongkos pada penjualan emas. Kekuatan yang dimiliki adalah lokasi yang strategis, model emas perhiasan tidak dapat ditemui pada toko emas lainnya, dan memberikan layanan yang terbaik kepada setiap konsumen. Kelemahannya yaitu sistem pembukuan manual dan minimnya penggunaan teknologi. Peluangnya adalah minat masyarakat terhadap emas tidak pernah berubah dan menjadi toko emas teramai kedua di daerah Rengasdengklok. Ancamannya adalah jumlah pesaing pada usaha toko emas semakin bertambah serta para pesaing yang menjatuhkan harga. Faktor politik dan ekonomi memberikan pengaruh besar terhadap keberlangsungan bisnis Toko Emas Jaya Baru. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada Toko Emas Jaya Baru adalah menerapkan strategi yang terdapat pada matriks SWOT dan Business Model Canvas yang baru, melakukan perbaikan pada struktur organisasi, memaksimalkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial, membuat sistem keuangan dan sistem manajemen untuk kegiatan operasional, menambah teknologi seperti mesin untuk penghitung uang secara cepat dan akurat, menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan mitra kerja sama serta melakukan inovasi model dan motif emas perhiasan baru. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Pengembangan Bisnis en_US
dc.subject Business Canvas Model, en_US
dc.subject PEST en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.title Analisis strategi pengembangan bisnis menggunakan business model canvas pada Toko Emas Jaya Baru Karawang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320122
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428086501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account