Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi
pengembangan yang dilakukan oleh Toko Emas Jaya Baru dalam menghadapi
situasi pandemi yang berbeda, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman yang dimiliki Toko Emas Jaya Baru dan mengetahui pengaruh lingkungan
eksternal Toko Emas Jaya Baru dalam mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini
akan dibatasi cakupannya pada penjualan produk perhiasan emas kuning dan putih
karena kedua produk perhiasan tersebut lebih umum dipakai oleh masyarakat dari
semua kalangan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Data utama
penelitian ini didapatkan dengan cara wawancara dengan pemilik Toko Emas Jaya
Baru dan melakukan observasi langsung ke tempat penelitian. Informan dalam
penelitian ini adalah Bapak Marco Handoko selaku pengelola sekaligus pemilik
dari Toko Emas Jaya Baru. Proses pengumpulan data terdiri dari wawancara dan
observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis PEST, analisis
SWOT, matriks SWOT dan analisis business model canvas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Toko
Emas Jaya Baru dalam mempertahankan bisnisnya adalah mengadakan sistem
tabungan nominal pembelian sesuai gram. Agar tetap memperoleh keuntungan,
pemilik melakukan pengurangan harga ongkos pada penjualan emas. Kekuatan
yang dimiliki adalah lokasi yang strategis, model emas perhiasan tidak dapat
ditemui pada toko emas lainnya, dan memberikan layanan yang terbaik kepada
setiap konsumen. Kelemahannya yaitu sistem pembukuan manual dan minimnya
penggunaan teknologi. Peluangnya adalah minat masyarakat terhadap emas tidak
pernah berubah dan menjadi toko emas teramai kedua di daerah Rengasdengklok.
Ancamannya adalah jumlah pesaing pada usaha toko emas semakin bertambah serta
para pesaing yang menjatuhkan harga. Faktor politik dan ekonomi memberikan
pengaruh besar terhadap keberlangsungan bisnis Toko Emas Jaya Baru.
Rekomendasi yang dapat diberikan kepada Toko Emas Jaya Baru adalah
menerapkan strategi yang terdapat pada matriks SWOT dan Business Model
Canvas yang baru, melakukan perbaikan pada struktur organisasi, memaksimalkan
kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial, membuat sistem keuangan
dan sistem manajemen untuk kegiatan operasional, menambah teknologi seperti
mesin untuk penghitung uang secara cepat dan akurat, menjaga hubungan baik
dengan pelanggan dan mitra kerja sama serta melakukan inovasi model dan motif
emas perhiasan baru.