Abstract:
Penelitian ini didasari melihat adanya dampak covid-19 terhadap sektor ekonomi khususnya kuliner di Indonesia. Sektor kuliner yang salah satunya Coffee Shop mengalami penurunan jumlah pembeli karena adanya pembatasan sosial. Kebijakan ini juga menjadikan para coffee shop untuk mengubah fokus pemasaran dengan memaksimalkan penggunaan teknologi didukung perkembangannya yang semakin pesat seperti media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh marketing mix dan media sosial terhadap keputusan pembelian di Coffee shop Ceritera dan membantu meningkatkan strategi pemasarannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, serta teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner. Sebanyak 119 konsumen Ceritera telah dipilih secara non probability-purposive sampling sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh marketing mix dan media sosial berdampak signifikan positif terhadap kinerja pemasaran dengan variabel yang paling mempengaruhi adalah media sosial. Dengan faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui marketing mix adalah promotion and place serta memaksimalkan penggunaan media sosial.