Abstract:
Seiring berkembangnya waktu menyebabkan adanya perubahan gaya hidup
masyarakat akan kebiasaan mengkonsumsi kopi menjadi sarana untuk melakukan
interaksi sosial hingga hiburan. Peluang bisnis dalam industri kedai kopi menjadi
semakin menjanjikan yang membuat persaingan semakin kompetitif. Salah satu
kota yang mengalami pertumbuhan cukup pesat terhadap peningkatan kedai kopi
adalah Kota Surabaya, hal tersebut dijadikan peluang bagi pelaku bisnis yang ingin
memperluas pasarnya.
Pukka Kopi merupakan pelaku bisnis yang bergerak di bidang industri kedai
kopi yang sedang berusaha mengembangkan bisnisnya agar dapat bertahan dan
berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan semua informasi
yang berkaitan dengan Pukka Kopi dan perilaku masyarakat Kota Surabaya agar
dapat menentukan strategi yang tepat untuk menghadapi kondisi pasar serta
perilaku konsumen yang beragam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplorasi dengan metode
penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa wawancara, observasi dan angket dengan menyebarkan
pertanyaan kepada masyarakat Kota Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan
analisis internal dan eksternal lalu disimpulkan dengan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, didapat kesimpulan bahwa Pukka Kopi
dapat melakukan strategi Market Development untuk mengembangkan pasarnya ke
Kota Surabaya karena produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan preferensi
responden di Kota Surabaya. Pengembangan pasar dapat dilakukan dengan cara
memfokuskan pada strategi pemasaran baik secara online maupun offline dengan
meningkatkan Brand Awareness agar produk dapat lebih diketahui oleh masyarakat
Kota Surabaya.