Abstract:
Masuknya Covid-19 ke Indonesia membuat ekonomi Indonesia sangat
menurun. Adanya peraturan PSBB dan work from home membuat beberapa UMKM
harus tutup. Barcelona Sport Online sebagai salah satu UMKM yang sangat terkena
dampak Covid-19. Selama Covid-19 orang-orang banyak yang tidak berani untuk
keluar rumah dan juga hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan utama seperti
kesehatan, makanan dan lain-lain. Karena orang-orang tidak berani untuk keluar
rumah maka gaya hidup pembelian masyarakat berubah dari offline menjadi online.
Barcelona Sport Online ingin mengambil peluang tersebut.
Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan
Barcelona Sport Online sekarang dan merekomendasikan strategi yang cocok.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan analisis deskriptif.
Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi literature. Data
yang sudah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan SWOT Analysis, PESTLE
Analysis, Porter 5 Forces, IFE, EFE, Internal External Matrix, dan SWOT Matriks.
Berdasarkan hasil penelitian IFE, EFE, dan Internal-External Matriks
menunjukkan bahwa Barcelona Sport Online berada di kuadran V yang berarti
stabil dan bertahan. Hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa strategi yang
digunakan Barcelona Sport Online adalah best value focus. Best value fokus adalah
strategi memberikan kualitas dan harga yang terbaik dan fokus pada kelompok
kecil. Hasil dari analisis yang dilakukan maka strategi yang sesuai tetap
menggunakan strategi yang sama tetapi target pasar yang lebih luas yaitu best value.
Saran untuk Barcelona Sport Online adalah membuat toko e-commerce menjadi
power merchant, melakukan training bisnis online, menambah sumber daya
manusia, melakukan pemasaran tentang Barcelona Sport Online di Barcelona Sport
Bandung, dan mengadakan kompetisi di media sosial.