Abstract:
Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat luas memiliki peluang yang sangat besar dalam sector jasa pengiriman. Hunian masyarakat yang menyebar antar pulau, menghasilkan peluang dalam jasa pengiriman barang, baik lewat darat, laut, ataupun udara. Melihat kondisi ini membuat banyaknya pelaku-pelaku bisnis tertarik untuk bergerak di sector jasa pengiriman. Dilihat dari sebaran menurut wilayah, usaha aktivitas jasa pengiriman barang mayoritas berada di Pulau Jawa. Kemunculan perusahaan-perusahaan yang bergerak pada sector jasa pengiriman membuat persaingan di sector ini menjadi meningkat, karena itulah PT Leuwigajah Paket memikirkan strategi pengembangan bisnis yang efektif untuk membuat perusahaan dapat bertahan dan bersaing di bidang industry yang sama. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis efektivitas strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh PT Leuwigajah Paket
Penelitian ini bersifat kualitatif, deskriptif analitif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan analisis lingkungan internal dan eksternal, selain itu peneliti juga melakukan analisis efektivitas dan analisis strategi pengembangan bisnis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui interview guide, wawancara, dan dokumentasi.
Perusahaan menerapkan strategi pengembangan bisnis dengan melakukan perluasan pasar dengan tujuan untuk memperluas daerah jangkauan pengiriman barang. Strategi pengembangan bisnis yang dilakukan perusahaan sesuai dengan tahapan pengembangan bisnis. Strategi pengembangan bisnis yang dilakukan perusahaan efektif, ditunjukkan dengan tercapainya pembukaan agen perusahaan setiap tahunnya serta dilihat dari data total penjualan setiap agen selama tahun 2020 yang terbilang stabil.