Abstract:
Industri kuliner merupakan jenis industri yang terus mengalami
perkembangan dan mempengaruhi tingkat persaingan. Setiap keputusan pembelian
yang dilakukan pada suatu usaha akan mendukung hasil penjualan dari usaha
tersebut, sehingga penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui faktor apa saja yang
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Peningkatan penjualan yang terjadi di Soto Tasik Djempol mendorong
alasan ditemukannya faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Peneliti
melakukan wawancara awal pada beberapa konsumen Soto Tasik Djempol dan
menemukan 4 faktor dominan yang menjadi alasan dalam melakukan pembelian,
yaitu Kualitas Produk, Harga, Lokasi serta Kualitas Pelayanan. Maka dari itu
peneliti ingin meneliti lebih dalam mengenai pengaruh yang diberikan dari 4 faktor
tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif,
Perolehan data dari objek penelitian yang diteliti diperoleh melalui penyebaran
kuesioner pada responden yang pernah membeli Soto Tasik Djempol lebih dari dua
kali. Kemudian data diolah lebih lanjut menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang diberikan
Kualitas Produk, Harga, Lokasi serta Kualitas Pelayanan terhadap keputusan
pembelian yang dilakukan konsumen, dan pengaruh terbesar diberikan oleh Harga.
Hal ini didukung dari adanya data hasil hubungan antar variabel terhadap keputusan
pembelian. Setiap faktor yang memiliki pengaruh pada keputusan pembelian di
Soto Tasik Djempol perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan agar pengaruh yang
diberikan pada keputusan pembelian konsumen semakin sempurna, serta
dibutuhkannya pengembangan dari faktor lainnya yang berpeluang untuk
mendorong dan memberi pengaruh bagi keputusan pembelian konsumen.