Rancangan sistem CRM berbasis reminder system pada Anita Salon

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Pratama, Yohanes Adri
dc.date.accessioned 2022-11-03T06:38:23Z
dc.date.available 2022-11-03T06:38:23Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41456
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13493
dc.description 9822 - FISIP en_US
dc.description.abstract Setiap manusia memiliki kebutuhan pendamping atau penunjang, seperti melakukan perawatan diri di salon kecantikan. Saat ini di kota Bandung bisnis salon kecantikan berkembang pesat, kini total salon mencapai 350 salon. Anita Salon merupakan salah satu salon yang memberikan pelayanan serta kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Sistem Customer Relationship Management (CRM) perlu di terapkan untuk menjaga hubungan emosional serta menjaga loyalitas pelanggan. CRM yang diterapkan Anita Salon masih belum optimal karena tidak adanya data pelanggan, data prefensi pelanggan, dan data transaksi penjualan dalam bentuk digital yang kemudian diolah menjadi informasi sebagai dasar keputusan proses CRM. Berdasarkan hal itu, peneliti membuat rancangan sistem bernama Treatment Reminder System. harapannya ini dapat meningkatkan pembelian berulang dengan cara memelihara hubungan emosional dan interaksi dengan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif, metode ini membantu dalam memberikan gambaran secara umum mengenai proses bisnis secara umum yang berjalan di Anita Salon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara secara mendalam bersama seluruh pihak yang menjadi informan. Analisis data yang dilakukan menggunakan Business Process Modelling and Notation (BPMN), Business Challenge Bundle (BCB), dan MIT 90’s Framework. Seluruh teori tersebut dipakai untuk melihat fenomena di Anita Salon secara menyeluruh dan menjadi landasan utama dalam perubahan proses bisnis di Anita Salon. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menghasilkan Rancangan Treatment Reminder System, serta tambahan kegiatan dalam proses bisnis Anita Salon. Pemberian reminder kepada pelanggan di dasarkan pada hasil analisa supervisor cabang yang menghasilkan data detail pelanggan berdasarkan kategori pelanggan. Pesan di sampaikan melalui aplikasi Whatsapp Messenger dan untuk penyimpanan data pelanggan, data prefensi pelanggan, serta data transaksi penjualan menggunakan software Microsoft Excel ataupun Microsoft Access. Rancangan ini membuat penambahan job description di seluruh divisi dan juga penambahan beberapa dokumen pendukung. Dengan adanya rancangan sistem ini diharapkan Anita Salon dapat meningkatkan hubungan serta interaksi dengan pelanggan dan berujung dengan pembelian berulang dari pelanggan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Salon, en_US
dc.subject Jasa, en_US
dc.subject CRM, en_US
dc.subject Reminder System en_US
dc.subject Pembelian Berulang en_US
dc.title Rancangan sistem CRM berbasis reminder system pada Anita Salon en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320057
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account