Abstract:
Setiap manusia memiliki kebutuhan pendamping atau penunjang, seperti melakukan perawatan
diri di salon kecantikan. Saat ini di kota Bandung bisnis salon kecantikan berkembang pesat,
kini total salon mencapai 350 salon. Anita Salon merupakan salah satu salon yang memberikan
pelayanan serta kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Sistem Customer Relationship
Management (CRM) perlu di terapkan untuk menjaga hubungan emosional serta menjaga
loyalitas pelanggan. CRM yang diterapkan Anita Salon masih belum optimal karena tidak
adanya data pelanggan, data prefensi pelanggan, dan data transaksi penjualan dalam bentuk
digital yang kemudian diolah menjadi informasi sebagai dasar keputusan proses CRM.
Berdasarkan hal itu, peneliti membuat rancangan sistem bernama Treatment Reminder System.
harapannya ini dapat meningkatkan pembelian berulang dengan cara memelihara hubungan
emosional dan interaksi dengan pelanggan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan jenis penelitiannya
adalah penelitian deskriptif, metode ini membantu dalam memberikan gambaran secara umum
mengenai proses bisnis secara umum yang berjalan di Anita Salon. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara secara mendalam bersama seluruh
pihak yang menjadi informan. Analisis data yang dilakukan menggunakan Business Process
Modelling and Notation (BPMN), Business Challenge Bundle (BCB), dan MIT 90’s
Framework. Seluruh teori tersebut dipakai untuk melihat fenomena di Anita Salon secara
menyeluruh dan menjadi landasan utama dalam perubahan proses bisnis di Anita Salon.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menghasilkan Rancangan Treatment Reminder
System, serta tambahan kegiatan dalam proses bisnis Anita Salon. Pemberian reminder kepada
pelanggan di dasarkan pada hasil analisa supervisor cabang yang menghasilkan data detail
pelanggan berdasarkan kategori pelanggan. Pesan di sampaikan melalui aplikasi Whatsapp
Messenger dan untuk penyimpanan data pelanggan, data prefensi pelanggan, serta data
transaksi penjualan menggunakan software Microsoft Excel ataupun Microsoft Access.
Rancangan ini membuat penambahan job description di seluruh divisi dan juga penambahan
beberapa dokumen pendukung. Dengan adanya rancangan sistem ini diharapkan Anita Salon
dapat meningkatkan hubungan serta interaksi dengan pelanggan dan berujung dengan
pembelian berulang dari pelanggan.