Abstract:
Pandemi Covid 19 pada akhir tahun 2019 memberi dampak yang sangat
besar bagi kehidupan sosial dan ekonomi. Gaya hidup masyarakat berubah secara
masif dengan menjalani protokol kesehatan yang ketat di setiap aktifitas.
Perubahan gaya hidup ini juga mendorong peningkatan tren berolahraga, salah
satunya bersepeda. Tren bersepeda yang meningkat secara signifikan memberi
dampak positif terhadap industri sepeda, salah satunya sepeda Polygon.
Permintaan akan sepeda melonjak tajam hingga mengakibatkan persaingan antar
produsen lebih ketat. Persaingan produsen di masa pandemi tidak hanya terjadi di
Indonesia, bahkan diseluruh dunia. Dengan kemudahan teknologi dan globalisasi
ekonomi, merek dari luar negeri dapat dengan mudah dijangkau konsumen di
Indonesia.
Terdapat beberapa faktor pendukung yang menjadi alasan konsumen
melakukan pembelian sepeda Polygon. Marketing mix merupakan faktor utama
yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda Polygon karena konsumen lebih
terfokus terhadap kualitas produk dan harga sepeda yang terjangkau. Variabel
country of origin dan faktor psikologis tidak memiliki pengaruh yang besar
terhadap keputusan pembelian Polygon. Konsumen yang memilih sepeda
Polygon lebih terfokus pada kualitas produk dan harga yang terjangkau daripada
produk impor atau negara asal produk. Faktor psikologis mendorong untuk
bersepeda namun bukan suatu faktor yang menjadi motivasi konsumen untuk
membeli sepeda Polygon.