Abstract:
Persepsi konsumen merupakan pandangan atau proses berpikir yang digunakan untuk membuat keputusan dalam membeli produk atau jasa yang akan dikonsumsi. Salah satunya adalah dalam pembelian asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian asuransi PT. Prudential Life Assurance dalam masa pandemi Covid-19 di Bandung. Persepsi konsumen ini terbagi ke dalam 6 dimensi yang terdiri dari citra toko, kualitas produk, harga, promosi, kualitas pelayanan, dan nilai.
Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Prudential yang berdomisili di Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan dimensi citra toko, kualitas produk, harga, promosi, dan nilai tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimensi kualitas pelayanan adalah dimensi dari variabel persepsi konsumen yang dominan memengaruhi keputusan pembelian.