Abstract:
Nails.byCecil merupakan usaha yang bergerak di bidang industri kuku.
Didirikan sejak tahun 2020 tepatnya pada Bulan Juli. Berkembangnya studio nail
art di Kota Bandung menimbulkan persaingan yang cukup tinggi, sehingga
membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dalam hal menganalisis
lingkungan secara internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi apa yang sesuai untuk Nails.byCecil gunakan dan bagaimana
cara Nails.byCecil dalam mencapai keunggulan bersaingnya.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang digunakan untuk
mengumpulkan data melalui Focus Group Discussion (FGD) dan observasi. Data
dianalisis menggunakan analisis SWOT, 7P Service Marketing Mix, Segmenting,
Targeting, Positioning, dan Differentiation (STPD), analisis PESTLE, dan Porter’s
Five Forces.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa strategi yang tepat untuk
Nails.byCecil adalah strategi pengembangan pasar. Hal ini terbukti dari keinginan
pemilik untuk terus mengembangkan target pasarnya agar semakin banyak orangorang
yang mengenal Nails.byCecil di berbagai platform online yang tersedia.
Kata Kunci: strategi bersaing, industri kuku, pengembangan pasar.