Abstract:
Pandemi COVID-19 banyak membawa perubahan dalam kehidupan
bermasyarakat, terutama bagi pengusaha bisnis. Bang-Bang Kitchen and Soju Bar
menjadi salah satu bisnis yang terpukul dengan adanya pandemi ini. Hal ini
mengharuskan kafe melakukan penyesuaian seperti takeaway dalam rangka
mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksploratif deskriptif dengan menggunakan studi kasus.
Dalam penelitian ini penulis akan berusaha mempelajari dan
menganalisis fenomena yang terjadi dan mencari dampak apa saja yang
ditimbulkan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternalnya
menggunakan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi), analisis
SWOT (Kelebihan, Kekurangan, Peluang, dan Ancaman), serta analisis Porter’s
Five Forces. Selain itu penelitian juga bertujuan untuk mendapatkan penyesuaian
strategi yang dapat dilakukan dengan menggunakan matriks IE (Internal dan
Eksternal) dan matriks SWOT.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Pandemi
COVID-19 menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi Bang-Bang Kitchen and
Soju Bar karena penjualan kafe menurun sebesar 70% pada tahun 2020
dibandingkan tahun sebelumnya. Namun semenjak pandemi ditemukan bahwa ada
peluang dan ancaman yang baru yang muncul seperti peluang penjualan makanan
di aplikasi ojek online dan ancaman penjual minuman beralkohol secara ilegal yang
berjualan di aplikasi ojek online. Sedangkan dari matriks IFE yang menunjukkan
skor 2,86 dan EFE sebesar 2,46, juga matriks IE menunjukkan bahwa Bang-Bang
Kitchen and Soju Bar berada dalam posisi rata-rata dan penyesuaian strategi yang
dapat dilakukan adalah menjaga dan mempertahankan. Ini menunjukkan bahwa
Bang-Bang Kitchen and Soju Bar dapat bertahan dalam kondisi sulit ini dengan
menjalankan strategi yang tepat.
Strategi yang diusulkan dalam rangka mempertahankan kelangsungan
kafe yaitu dengan memperkuat pemasaran online, merekrut pegawai pemasaran,
dan memperkuat komunikasi antar pegawai dan pemimpinnya. Rekomendasi yang
diusulkan agar Bang-Bang Kitchen and Soju Bar melakukan evaluasi dan follow up
secara berkala dan melakukan pelatihan dan perekrutan karyawan yang sudah ada
untuk menjadi karyawan marketing.