Usulan strategi bisnis industri oleh-oleh di Lampung : studi kasus Toko Aneka Rasa, dalam mempertahankan eksistensinya saat Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Pohan, Edgina
dc.date.accessioned 2022-11-03T01:42:57Z
dc.date.available 2022-11-03T01:42:57Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41445
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13478
dc.description 9811 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pandemi Covid-19 yang terjadi memberikan dampak kepada berbagai lapisan masyarakat. Salah satu dampaknya adalah penghasilan pelaku usaha di industri oleh-oleh yang menurun secara drastis. Hal tersebut disebabkan oleh kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19, seperti PSBB dan social distancing. Akibatnya daya beli masyarakat terhadap oleholeh ikut menurun dikarenakan masyarakat tidak dapat melakukan perjalanan, baik ke luar kota atau luar negeri. Toko Aneka Rasa merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang usaha atau industri oleh-oleh Lampung. Toko Aneka Rasa mengalami penurunan omzet yang signifikan, yaitu lebih dari 60% dan bahkan sulit untuk mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini. Untuk menghadapi situasi tersebut, Toko Aneka Rasa membutuhkan strategi bisnis yang dapat mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 dan juga untuk mempertahankan eksistensi toko untuk jangka waktu yang lama. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui kegiatan wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis internal, yaitu value chain dan analisis eksternal, yaitu PESTLE dan Porter’s 5 Forces yang kemudian akan dirumuskan dalam SWOT dan SWOT Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis a low cost yang digunakan oleh Toko Aneka Rasa selama ini tidak mampu mengatasi penurunan penjualan saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Toko Aneka Rasa membutuhkan usulan strategi atau rekomendasi yang dapat membantu Toko Aneka Rasa pulih dari situasi covid-19 dan dapat memenangkan persaingan di industri oleh-oleh Lampung. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject : Strategi Bisnis en_US
dc.subject Industri Oleh-Oleh en_US
dc.subject Value Chain en_US
dc.subject PESTLE en_US
dc.subject Porter’s 5 Forces en_US
dc.subject SWOT, en_US
dc.subject SWOT Matrix en_US
dc.title Usulan strategi bisnis industri oleh-oleh di Lampung : studi kasus Toko Aneka Rasa, dalam mempertahankan eksistensinya saat Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320033
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account