Abstract:
Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini sudah semakin luas, ditambah dengan
adanya teknologi-teknologi yang semakin memudahkan masyarakat dalam
menjalankan bisnis usahanya. Begitu juga dengan bisnis Eva Furniture yang mulai
harus melaksanakan strategi marketingnya dengan tepat sesuai dengan kondisi dan
situasi yang terjadi, agar usahanya tetap terus berkembang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meneliti strategi pertahanan yang
dimiliki Eva Furniture dalam menghadapi toko yang berbasis online. Eva Furniture
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang retail. Dikarenakan
munculnya pendatang baru yang akan menyaingi Eva Furniture maka dibutuhkan
strategi pertahanan yang lebih kuat lagi untuk dapat menyaingi para kompetitornya.
Dalam hal ini Eva Furniture cukup terbantu dengan adanya penelitian mengenai
strategi pemasaran dan pertahanan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Objek penelitian
pada penelitian ini yaitu strategi pemasaran Eva Furniture dalam menghadapi toko
online. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisa Strategi Bauran
Pemasaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka memperoleh hasil
kesimpulan yaitu pada beberapa aspek termasuk diantaranya strategi bauran
pemsaran pada Eva Furniture telah berhasil menerapkannya, namun hanya dalam
beberapa strategi yang cukup umum, sehingga Eva Furniture harus lebih dapat
mempelajari dam menerapkan strategi bersaingnya berdasarkan Analisa Strategi
Bauran Pemasaran.