Abstract:
Online shop Minimamy merupakan salah satu toko yang menyediakan produk
kebutuhan bayi lewat marketplace Shopee. Seiring berjalannya waktu, online shop
Minimamy berusaha untuk memperkenalkan produk dan memperluas pasar. Salah satu
faktor keberhasilannya online shop Minimamy tidak terlepas dari bauran pemasaran.
Dengan adanya bauran pemasaran, membuat online shop Minimamy dapat bersaing
dengan pasar untuk memengaruhi kepuasan pelanggan.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini adalah 80 responden dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik ini mengambil sampel
berdasarkan pada penentuan anggota sampel dengan menetapkan beberapa pertimbangan
atau ciri-ciri tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis
regresi linear sederhana dan berganda dengan menggunakan uji T dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor proses dan pengemasan berpengaruh
signifikan secara parsial dan bauran pemasaran berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap kepuasan pelanggan online shop Minimamy Batam. Penelitian ini
menggarisbawahi pentingnya komponen bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan
online shop Minimamy Batam.