Abstract:
Melihat adanya perubahan gaya hidup pada masyarakat, banyak pelaku
bisnis yang membuka kedai kopi untuk memenuhi kebutuhan para penggemar kopi.
GALA Coffee merupakan salah satu dari banyaknya kedai kopi yang berada di Kota
Bandung yang bertempat di Jalan Tirta Sari II No.9, Sarijadi, Kec. Sukasari, Kota
Bandung. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, GALA Coffee
menggunakan strategi digital marketing untuk mengenalkan kedai beserta
produknya guna menumbuhkan brand awareness di masyarakat. Oleh karena itu
penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah strategi digital marketing yang
dilakukan dapat meningkatkan brand awareness terhadap GALA Coffe.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner
kepada 100 responden yang pernah mengunjung atau membeli produk GALA
Coffee. Variable digital marketing diukur oleh dimensi website, social network,
affiliate marketing and partnership strategic, dan customer relationship
management. Sedangkan untuk variabel brand awareness diukur menggunakan
dimensi top of mind, brand recall, dan brand awareness.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan brand
awareness memperoleh katergori yang baik. Dari beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi brand awareness, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital
marketing memberikan pengaruh terhadap brand awareness yang signifikan
sebesar 44,2%.