Abstract:
Fashion merupakan salah satu industri yang sedang mengalami
perkembangan cukup pesat di Indonesia, jenis pakaian siap pakai adalah salah
satunya. Perkembangan yang terjadi tersebut menimbulkan tingginya permintaan
konsumen terhadap produk-produk pada industri fashion pakaian siap pakai. Hal
tersebut membuat pangsa pasar menjadi sangat berpotensi. Potensi yang ada
membuat para produsen di industri ini berlomba-lomba untuk mengembangkan
berbagai maca produk guna memenuhi tingginya permintaan konsumen. Is It
Weirdoo merupakan salah satu pelaku bisnis pada industri fashion pakaian siap
pakai yang memiliki kepercayaan diri dalam memangkan keunggulan bersaing
dengan para kompetitor. Produsen produk fashion yang terus tumbuh seiring
dengan perkembangan fashion itu sendiri menyebabkan tingkat persaingan antar
kompetitor semakin sengit. Maka, hal tersebut mendorong Is It Weirdoo untuk terus
melakukan inovasi guna menjaga keberlangsungan hidup perusahaan dalam
menghadapi persaingan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan
metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan
wawancara. Proses analisa data dilakukan dengan menggunakan Rantai Nilai
Inovasi dan Radar Inovasi Bisnis.
Penelitian ini memiliki fokus pada analisa strategi inovasi merek fashion Is
It Weirdoo yang bertujuan untuk membahas dan menganalisa bagaimana Is It
Weirdoo menerapkan aktivitas penciptaan inovasi, kemudian diberikan petunjuk
mengenai jenis inovasi yang akan dilakukan atau yang sebaiknya dilakukan oleh
perusahaan. Lalu, peneliti melakukan analisis data sebagai upaya dalam mengambil
kesimpulan dan memberikan rekomendasi inovasi yang dapat dilakukan Is It
Weirdoo.