Abstract:
Skill Academy adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal di Indonesia. Skill Academy adalah layanan layanan pendidikan dan materi pembelajaran berbasis teknologi yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat dimana saja mereka berada. Dengan adanya pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan pekerjaan dan beraktivitas dari rumah. Momentum ini menjadi momentum yang berpengaruh terhadap kenaikan pengguna Skill Academy sebagai platform belajar online. Hal tersebut juga tidak dapat berjalan sempurna tanpa aktivitas dari komunikasi pemasaran, khususnya peran iklan dan promosi penjualan untuk mempengaruhi banyaknya pengguna untuk menumbuhkan niat membeli kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap niat beli kembali konsumen Skill Academy.
Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan metode kuantitatif dan metode penelitian survey dengan menyebarkan kuesioner pada sampel sebanyak 107 responden, yaitu konsumen yang pernah membeli pelatihan minimal satu kali. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda. Didapati hasil pada analisa bahwa iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali, namun promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap niat beli kembali.