Abstract:
Streaming musik adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menemani seseorang
saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu aplikasi streaming musik adalah
Youtube Music. Youtube Music pertama kali diluncurkan tahun 2015 oleh Youtube
khusus untuk mendengarkan lagu secara streaming. Dalam kurun waktu 5 tahun, Youtube
Music kurang menarik niat seseorang untuk menggunakan dan tidak dapat menempati
urutan pertama aplikasi streaming musik paling banyak digunakan oleh orang banyak.
Jika ingin menarik konsumen untuk menggunakan Youtube Music, Youtube harus
melihat apakah terdapat brand association yang kuat dari mereknya , brand loyalty yang
tinggi pada konsumennya serta perceived quality yang baik pada Youtube Music.
Metode penelitian ini adalah deskriptif dan explanatory untuk menggambarkan
keadaan yang terjadi dan menjelaskan pengaruh antar variabel. Sampel penelitian ini
sebanyak 200 orang yang melakukan streaming musik dan beberapa pernah
menggunakan Youtube Music. Data pada penelitian ini didapatkan dengan cara
penyebaran kuisioner, observasi dan studi literatur. Data dalam penelitian ini dianalisis
dengan cara deskriptif dan analisis linear berganda.
Hasil dari analisis linear berganda adalah terdapat pengaruh positif antara
variabel brand loyalty (X2) dan perceived quality (X3) pada niat menggunakan (Y) dan
tidak ada pengaruh positf brand association (X1) pada niat menggunakan (Y). Adapun
besaran nilai R2 didapatkan bahwa kontribusi dari variabel independen terhadap variabel
dependen sebesar 68.20%. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan persepsi pada
brand association cenderung tinggi, persepsi pada brand loyalty cenderung sedang (tidak
tinggi dan tidak rendah), persepsi pada perceived quality cenderung sedang (tidak baik
dan tidak buruk), serta niat menggunakan cenderung sedang (tidak tinggi dan tidak
rendah).