Pengaruh persepsi konsumen pada keragaman produk dan promosi penjualan terhadap niat beli ulang di marketplace JD.ID

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Wardhana, Chrisostomus Galang Cikal
dc.date.accessioned 2022-07-26T03:53:50Z
dc.date.available 2022-07-26T03:53:50Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42205
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13166
dc.description 24395 - FE en_US
dc.description.abstract Di era saat ini perkembangan teknologi terutama internet berkembang dengan cepat. Dengan berkembangnya internet itu sendiri maka munculah suatu sistem bisnis yang berbasis online atau disebut juga marketplace. Salah satu marketplace populer yang ada di Indonesia yaitu JD.id. Saat ini JD.id menempati peringkat ke-9 berdasarkan pengunjung situs bulanan dan masih dibawah pesaing mereka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, dll. Berdasarkan hasil preliminary research terhadap 14 responden, keseluruhan responden sudah tidak menggunakan marketplace JD.id dan sebanyak 8 responden enggan untuk menggunakan kembali marketplace ini dengan alasan diskon yang kurang menarik dan produk yang kurang beragam. Dari hasil preliminary research tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen pada keragaman produk (X1), persepsi konsumen pada promosi penjualan (X2), dan niat beli ulang (Y) di marketplace JD.id. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mengetahui apakah secara bersama-sama persepsi konsumen pada keragaman produk dan promosi penjualan berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen di JD.id. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah applied research dan menggunakan metode explanatory research. Pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang diteliti berdasarkan convenience sampling dengan kriteria responden yang pernah menggunakan atau melakukan pembelian di marketplace JD.id. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi konsumen pada variabel keragaman produk adalah baik, persepsi konsumen pada promosi penjualan dan niat beli ulang di JD.id adalah cukup (tidak baik dan tidak buruk). Untuk hasil analisis pengaruh pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara persepsi konsumen pada keragaman produk (X1) dan persepsi konsumen pada promosi penjualan (X2) terhadap niat beli ulang (Y) secara parsial maupun simultan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Keragaman Produk en_US
dc.subject Promosi penjualan en_US
dc.subject Niat Beli Ulang en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen pada keragaman produk dan promosi penjualan terhadap niat beli ulang di marketplace JD.ID en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120016
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account