Abstract:
Di era saat ini perkembangan teknologi terutama internet berkembang dengan cepat.
Dengan berkembangnya internet itu sendiri maka munculah suatu sistem bisnis yang
berbasis online atau disebut juga marketplace. Salah satu marketplace populer yang ada di
Indonesia yaitu JD.id. Saat ini JD.id menempati peringkat ke-9 berdasarkan pengunjung
situs bulanan dan masih dibawah pesaing mereka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak,
Lazada, Blibli, dll. Berdasarkan hasil preliminary research terhadap 14 responden,
keseluruhan responden sudah tidak menggunakan marketplace JD.id dan sebanyak 8
responden enggan untuk menggunakan kembali marketplace ini dengan alasan diskon yang
kurang menarik dan produk yang kurang beragam. Dari hasil preliminary research tersebut
maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen pada
keragaman produk (X1), persepsi konsumen pada promosi penjualan (X2), dan niat beli
ulang (Y) di marketplace JD.id. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mengetahui apakah
secara bersama-sama persepsi konsumen pada keragaman produk dan promosi penjualan
berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen di JD.id.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah applied
research dan menggunakan metode explanatory research. Pada penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang diteliti berdasarkan convenience
sampling dengan kriteria responden yang pernah menggunakan atau melakukan pembelian
di marketplace JD.id. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang
selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi konsumen pada variabel
keragaman produk adalah baik, persepsi konsumen pada promosi penjualan dan niat beli
ulang di JD.id adalah cukup (tidak baik dan tidak buruk). Untuk hasil analisis pengaruh
pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara persepsi
konsumen pada keragaman produk (X1) dan persepsi konsumen pada promosi penjualan
(X2) terhadap niat beli ulang (Y) secara parsial maupun simultan.