Pengaruh persepsi konsumen atas keragaman produk, desain situs, dan promosi terhadap niat beli ulang konsumen Bukalapak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Nizar, Syakira Nabila
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:41:58Z
dc.date.available 2022-07-26T02:41:58Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42201
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13162
dc.description 24391 - FE en_US
dc.description.abstract Kemajuan teknologi yang pesat mendorong peningkatan penggunaan internet yang besar. Pertumbuhan penggunaan internet tersebut sejalan dengan jumlah akses belanja online yang besar pula, atau yang biasa disebut e-commerce. Bukalapak merupakan salah satu ecommerce dengan jumlah pengunjung tertinggi bersama dengan Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Akan tetapi, Bukalapak merupakan e-commerce yang terus mengalami penurunan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis memilih Bukalapak sebagai objek penelitian dalam penelitian ini. Bukalapak merupakan online marketplace C2C yang melayani pelapak dan pembeli dari seluruh Indonesia sejak didirikannya pada tahun 2010. Preliminary research melalui penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 20 orang responden yang pernah melakukan pembelian di Bukalapak dan didapatkan hasil yaitu mayoritas responden tidak ingin berbelanja kembali di Bukalapak. Selain itu, melalui wawancara lanjutan yang dilakukan terhadap 9 orang responden, diduga bahwa Bukalapak masih memiliki kekurangan dalam hal keragaman produk, desain situs, dan promosi yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas keragaman produk, desain situs, dan promosi pada Bukalapak, niat beli ulang konsumen pada Bukalapak, dan apakah terdapat pengaruh antara keragaman produk, desain situs, dan promosi terhadap niat beli ulang konsumen Bukalapak. Pada penelitian ini, variabel independen (X) adalah keragaman produk, desain situs, dan promosi, sedangkan variabel dependen (Y) adalah niat beli ulang. Penelitian ini merupakan applied research menggunakan metode quantitative research. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan penelitian yang bersifat cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu judgement sampling. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 orang responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian di Bukalapak, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa desain situs Bukalapak cenderung baik, namun keragaman produk dan promosi Bukalapak cenderung buruk, yang berdampak pada niat beli ulang konsumen yang rendah. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara masing-masing terdapat pengaruh signifikan keragaman produk, desain situs, dan promosi terhadap niat beli ulang konsumen Bukalapak. Selain itu, secara simultan keragaman produk, desain situs, dan promosi berpengaruh positif terhadap niat beli ulang konsumen Bukalapak dengan kontribusi sebesar 52%. Saran yang dapat diberikan kepada pihak perusahaan yaitu melakukan perbaikan dan pengembangan pada aspek keragaman produk, desain situs, dan promosi yang dimiliki Bukalapak. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject keragaman produk en_US
dc.subject desain situs en_US
dc.subject promosi en_US
dc.subject niat beli ulang en_US
dc.subject Bukalapak en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas keragaman produk, desain situs, dan promosi terhadap niat beli ulang konsumen Bukalapak en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120006
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account