Abstract:
Banyak sekali jenis usaha yang ada di Indonesia, setiap usaha yang bertahan lama dan
berkembang terus menerus adalah karena adanya kegiatan inovasi yang dilakukan di setiap
jenis usaha tersebut. Australian Cake adalah usaha keluarga yang bergerak dalam sektor
makanan dan minuman berupa penjualan berbagai macam varian kue yang berada di Kota
Sukabumi, yang sudah berjalan selama ± 43 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inovasi - inovasi yang dilakukan
oleh Australian Cake memiliki pengaruh bagi perkembangan usaha Australian Cake. Melalui
penelitian ini terdapat beberapa tujuan penelitian yang ingin dituju diantaranya adalah,
mengetahui model bisnis dan strategi STP Australian Cake, hasil innovation audit Australian
Cake, data inovasi produk dan inovasi pemasaran yang sudah dilakukan Australian Cake.
Penulis memakai metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif
dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi. Data internal Australian Cake penulis
dapatkan melalui wawancara kepada Ibu Irina selaku pemilik generasi kedua dari usaha ini,
selain Ibu Irina terdapat juga Bapak Ace selaku salah satu pegawai dari Australian Cake. Untuk
data eksternal penulis dapatkan melalui internet, literatur, dan buku-buku.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah, mendapatkan gambaran
bisnis yang dijalankan oleh Australian Cake dengan jelas melalui analisa business model
canvas, value proposition canvas, dan analisa segmenting, targeting, positioning yang telah
dilakukan pada Australian Cake. Selain itu, hasil audit inovasi dari strategi inovasi Australian
Cake dan hasil audit inovasi dari strategi inovasi produk dan pemasaran dari Australian Cake
yang menunjukkan ada beberapa hal yang tidak dilakukan oleh Australian Cake sehingga
memiliki poin yang rendah, salah satunya adalah Australian Cake tidak membandingkan
produknya secara sistematis dengan para pesaing. Terakhir, penulis mengetahui inovasi produk
dan pemasaran yang sudah dilakukan oleh Australian Cake serta kekurangan dan kelebihannya
terhadap perkembangan perusahaan, dari sisi inovasi produk terdapat dua inovasi yang sudah
lama tidak dilakukan kembali yaitu menambah jenis rasa kue dan menambah jenis bentuk kue
lalu, dari sisi inovasi pemasaran pemanfaatan aplikasi media sosial instagram tidak maksimal.