Abstract:
Royal Kashimura Shabu merupakan restoran all you can eat yang menyajikan makanan
khas Jepang. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ke lapangan, secara umum konsumen
merasa kurang tertarik untuk kembali mengunjungi dan makan di Royal Kashimura Shabu
dikarenakan product quality yang tidak sesuai dengan selera konsumen serta kurangnya
promosi penjualan yang dilakukan oleh Royal Kashimura Shabu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas product quality dan persepsi konsumen atas
promosi penjualan yang berdampak pada niat beli ulang Royal Kashimura Shabu.
Product quality merupakan hal yang penting untuk perusahaan di bidang kuliner, maka
sebaiknya Royal Kashimura Shabu menawarkan produk yang memiliki kualitas lebih baik lagi
serta melakukan promosi penjualan yang lebih bervariasi sehingga Royal Kashimura Shabu
dapat memunculkan niat beli ulang pada konsumennya. Munculnya ketidakpuasan dari
konsumen tersebut dikarenakan setiap konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda
terhadap tingkat kepentingan product quality dan sales promotion Royal Kashimura Shabu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian explanatory research. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian
ini yaitu data inti berupa wawancara, kuesioner dan observasi serta data sekunder yang didapat
melalui studi kepustakaan (internet, jurnal, buku, dan artikel) sebagai referensi penunjang teori
yang memiliki hubungan dengan penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah semua orang
yang pernah mengunjungi, mengkonsumsi produk dan paham akan produk dari Royal
Kashimura Shabu. Sample dari penelitian diambil menggunakan metode judgement sampling.
Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 102 responden. Penelitian
ini menggunakan bentuk penilaian terhadap jawaban angket dibuat mengacu kepada skala
likert. Teknik analisa kuantitatif yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini
adalah multiple regression analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa product quality Royal Kashimura Shabu belum
sesuai dengan selera konsumennya, kinerja Royal Kashimura Shabu pada variabel sales
promotion memiliki persepsi negatif dari para responden, responden belum merasa puas
terhadap sales promotion yang dilakukan Royal Kashimura Shabu. Persepsi konsumen atas
product quality dan sales promotion masing-masing berpengaruh secara signifikan pada niat
beli ulang restoran Royal Kashimura Shabu. Niat beli ulang konsumen terhadap restoran Royal
Kashimura Shabu cukup rendah. Saran yang dapat diberikan untuk Royal Kashimura Shabu
adalah meningkatkan kinerja product quality dengan menambah cita rasa dan variasi pada
makanan ataupun minuman yang disediakan serta menambah variasi dari sales promotion nya.