Abstract:
Aneka Jasa Gypsum merupakan usaha yang menawarkan produk gypsum
beserta dengan jasa pemasangannya. Didirikan sejak tahun 1995 usaha ini
merupakan pemain lama dalam bidang ini. Persaingan yang cukup tinggi di pasaran
membuat peneliti tertarik untuk melakukan analisis terhadap lingkungan internal
dan lingkungan eksternal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi
usaha yang dimiliki oleh Aneka Jasa Gypsum dan juga untuk merekomendasikan
strategi baru yang mungkin dapat diterapkan, sehingga dapat bersaing di pasaran.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan
teknik analisis deskriptif yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui
observasi, wawancara, serta studi literatur. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis
menggunakan analisis PESTLE, Porter’s Five Force, dan juga SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat
disimpulkan bahwa usaha Aneka Jasa Gypsum menerapkan strategi fokus
diferensiasi untuk dapat bertahan di pasaran sampai saat ini. Sedangkan
rekomendasi strategi bersaing yang paling tepat untuk dapat diterapkan pada Aneka
Jasa Gypsum adalah strategi kepemimpinan biaya.