Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh price discount
terhadap impulse buying pada konsumen Pipinos Bakery dan pengaruh impulse
buying terhada post purchase regret pada konsumen Pipinos Bakery.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan
metode survei. Sampel penelitian adalah adalah konsumen usia 18-35 tahun yang
pernah membeli produk diskon di Pipinos Bakery. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 119
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa price discount memiliki pengaruh
yang positif terhadap impulse buying, yaitu sebesar 25.5%. Sedangkan, impulse
buying memiliki pengaruh yang positif terhadap post purchase regret, yaitu sebesar
34.8%.
Berdasarkan hasil penelitian, Pipinos Bakery sebaiknya tetap menerapkan
strategi promosi diskon untuk menarik lebih banyak konsumen yang melakukan
pembelian impulsif. Penelitian ini juga dapat dikembangkan untuk mengetahui
faktor-faktor yang menyebabkan penyesalan konsumen.