Abstract:
Kota Bandung merupakan salah satu kota yang menyajikan wisata kuliner bagi
wisatawan domestik maupun internasional. Namun karena adanya virus COVID-19
menuntut masyarakat untuk mengurangi kegiatan terlebih lagi yang melibatkan banyak
orang. Dalam hal ini, masyarakat yang memiliki usaha harus berjuang dalam hal
inovasi untuk meningkatkan penjualannya. Tentunya, inovasi sebaiknya disesuaikan
dengan kondisi yang sedang terjadi agar dapat menghasilkan perubahan besar terutama
dalam meningkatkan penjualan.
Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan metode
penelitian studi kasus, dengan cara menentukan kendala yang dialami perusahaan lalu
hasil penelitian akan diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Data terhadap
objek penelitian didapatkan melalui wawancara dan observasi. Data dianalisis
menggunakan Rantai Nilai Inovasi dan Radar Inovasi Bisnis.
Hasil dari penelitian ini berupa inovasi yang dilakukan oleh perusahaan yang
diteliti dan akan terwujud pada awal tahun 2021 dengan harapan menjadikan inovasi
yang efektif dengan menggunakan aktivitas rantai nilai dan radar inovasi. Inovasi
tersebut berupa kerjasama dengan Gofood dan Grabfood, layanan free delivery,
membuat kemasan yang lebih menarik, dan promosi via Instagram Ads.