Abstract:
Pada masa pandemi covid-19, seluruh masyarakat dunia di haruskan
menerapkan pola hidup sehat. Berbagai macam cara dilakukan masyarakat untuk
menjaga kesehatannya di masa pandemi, seperti dengan menjaga pola makan, menjaga
jarak, memakai masker jika keluar rumah, dan juga berolahraga. Akibat penerapan pola
hidup sehat, terjadi peningkatan persaingan pada pelaku bisnis pakaian olahraga di
Indonesia. Salah satu pelaku bisnis tersebut adalah DK Outdoor & Sports yang
merupakan merek pakaian olahraga yang berbasis di Bandung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan dilakukannya penelitian
ini adalah untuk mengetahui strategi pendekatan yang cocok digunakan pada calon
konsumen perusahaan saat melakukan ekspansi. Penelitian ini dilakukan menggunakan
metode penelitian studi kasus dengan mencari faktor pendorong pengembangan bisnis
menggunakan teknis analisa data Cross Tabulatin dan Analisis Porter 5 Forces. Lalu
penentuan pendorong faktor internal dan eksternal menggunakan analisis SWOT,
matriks SWOT dan penentuan strategi sesuai dengan hasil yang sudah didapatkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kota Bandung dimana DK Outdoor &
Sports berasal, memiliki karakteristik yang berbeda dengan kota tujuannya yaitu kota
Jakarta. Strategi yang harus digunakan untuk melakukan pendekatan pasar pun
berbeda. Pada penelitian ini strategi yang didapat untuk melakukan pendekatan pada
calon konsumen di Kota Jakarta adalah dengan mengoptimalkan media sosial yang
dimiliki DK Outdoor & Sports. Dengan cara mengembangkan digital marketingnya
dan meng-update konten pada media sosialnya.