Abstract:
Pandemi COVID-19 membuat para pemilik bisnis harus berinovasi dalam menawarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Salah satunya melalui pemasaran digital. Pemasaran digital meningkatkan strategi bisnis untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan selama pandemi COVID-19.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Freelens Studio menggunakan pemasaran digital dan tingkat keberhasilan strategi pemasaran ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan pengamatan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan beberapa analisis melalui analisis lingkungan, analisis situasi dan analisis pemasaran digital dan dibantu dengan alat analisis untuk perumusan strategi pada tingkat strategi unit bisnis, seperti EFE, CPM, IFE, SWOT, SPACE, IE, dan QSPM.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang digunakan oleh Freelens Studio sudah cukup efektif. Strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh Freelens Studio adalah menggunakan strategi penetrasi pasar untuk meningkatkan dan memperluas pangsa pasar untuk mempertahankan posisi perusahaan dan meningkatkan daya saing untuk kinerja bisnis.