Abstract:
Pulau Bali dikenal sebagai Pulau Dewata yang memiliki daya tarik
tersendiri dalam keindahan budaya dan sumber daya alam. Jika dipandang sebagai
pasar, merupakan pangsa pasar yang berpotensi khususnya menyangkut pada
kebutuhan dasar yaitu industri pangan madu. Hal tersebut mengakibatkan
tingginya permintaan konsumen terhadap suatu jenis produk semakin meningkat
yang membuat produsen madu memiliki potensi untuk mengembangkan,
membudidayakan dan meningkatkan produksi madu dengan faktor iklim tropis
dan sumber daya hutan guna memenuhi kebutuhan konsumen.
Bali Honey merupakan salah satu pelaku bisnis produsen madu yang
optimis terhadap keunggulan bersaing produsen madu yang berasal dan beroperasi
di Bali. Produsen madu yang terus tumbuh pada saat ini menyebabkan tingkat
persaingan antar kompetitor semakin meningkat. Maka, hal tersebut mendorong
Bali Honey untuk terus melakukan strategi inovasi. Mengingat inovasi merupakan
aktivitas penting dalam penerapan strategi pengembangan usaha.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan
metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu survey
melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan Rantai
Nilai Inovasi dan Radar Inovasi Bisnis. Penelitian ini berfokus pada analisis
strategi inovasi Bali Honey yang bertujuan untuk membahas dan menganalisa
bagaimana perusahaan menerapkan aktivitas penciptaan inovasi, lalu diberikan
petunjuk model dan memantau jenis inovasi yang akan dilakukan atau sebaiknya
dilakukan perusahaan. Kemudian, peneliti menganalisis data untuk mengambil
kesimpulan dan memberikan rekomendasi inovasi yang dapat dilakukan
perusahaan.