Abstract:
Persaingan usaha di Indonesia saat ini sangatlah ketat. Banyaknya kedai kopi di Indonesia menuntut para pemilik kedai kopi untuk memikirkan strategi agar bisa terus bertahan pada sektor ini. Keadaan ini mendorong para pengusaha untuk memikirkan strategi yang tepat dalam mempertahankan dan memperebutkan konsumen karena tingkat persaingan yang tinggi. Boyle’s Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang menggunakan fokus diferensiasi produk sebagai strategi bersaingnya. Boyle’s Coffee Indonesia memiliki kelebihan yang membedakan dengan kedai kopi lainnya.
Penelitian ini menfokuskan pada analisis strategi bersaing yang digunakan pada perusahaan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Porter’s Five Forces serta analisis fungsi bisnis yang ada di perusahaan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman (SWOT) yang dimiliki oleh perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk merekomendasikan strategi bersaing yang tepat berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa Boyle’s Coffee Indonesia selama ini menggunakan strategi diferensiasi. Dalam penerapannya, strategi diferensiasi terbilang kurang baik dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Strategi bersaing yang diusulkan kepada perusahaan adalah strategi diferensiasi dengan mengutamakan pengembangan pada aspek pemasaran.