Pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan di Café Hellikopi Gegerkalong Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Situmorang, James Rianto
dc.contributor.author Yunardi, Adrian Akbar
dc.date.accessioned 2022-03-31T02:26:44Z
dc.date.available 2022-03-31T02:26:44Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41118
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12802
dc.description 9605 - FISIP en_US
dc.description.abstract Dari beragamnya Bisnis Kuliner yang berkembang di Kota Bandung salah satunya adalah Bisnis Café /Coffee Shop. Menjamurnya coffee shop ini jelas bukan tren semata, tapi menjadi tanda adanya pergeseran gaya hidup dalam menikmati kopi. Dari sekian banyaknya café di kota Bandung yang sesuai dengan objek penilitian yang penulis butuhkan penulis memilih Café Hellikopi. Café yang beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir No.181 A, Sarijadi, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat berlokasi secara strategis di antara universitas dan sekolah tinggi dengan pangsa pasar utama mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh terhadap loyalitas Pelanggan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah store atmosphere dengan dimensi instore atmosphere dan outstore atmosphere untuk variabel yang dipengaruhi loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan metode penelitian survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap konsumen café dan wawancara terhadap Finance café Hellikopi. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, sampel diuji menggunakan beberapa teknik pengujian yaitu adalah pengukuran nilai pernyataan kuesioner, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji Heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, kemudian uji hipotesis lalu pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel store atmosphere dengan loyalitas pelanggan hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dengan hasil nilai koefisien korelasi 0.772 yang menandakan hubungan kuat menurut kriteria Guilford. Hasil dari penelitian juga menunjukan bahwa variabel store atmosphere berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas pelanggan dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi dengan hasil nilai 52.1% dan hasil pengujian hipotesis dengan hasil nilai thitung variabel Store atmosphere (X) berada pada daerah penolakan H0 (10.316 > 1.984) yang berarti dapat disimpulkan semakin baik store atmosphere maka loyalitas pelanggan akan meningkat. Berikut saran yang diberikan penulis kepada perusahaan ini yaitu mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah dimiliki dan perusahaan sebaiknya memperbaiki beberapa hal diantaranya menambah bantalan pada kursi yang digunakan konsumen dan memasang alat automated perfume dispenser dengan memilik wewangian yang tidak akan mengganggu konsumen atau berlawanan dengan wangi kopi untuk menambah loyalitas pelanggan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Store Atmosphere en_US
dc.subject Loyalitas Pelanggan en_US
dc.subject KuantitatiF en_US
dc.title Pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan di Café Hellikopi Gegerkalong Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320198
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407026301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account