Abstract:
Dari beragamnya Bisnis Kuliner yang berkembang di Kota Bandung salah satunya adalah
Bisnis Café /Coffee Shop. Menjamurnya coffee shop ini jelas bukan tren semata, tapi menjadi
tanda adanya pergeseran gaya hidup dalam menikmati kopi. Dari sekian banyaknya café di kota
Bandung yang sesuai dengan objek penilitian yang penulis butuhkan penulis memilih Café
Hellikopi. Café yang beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir No.181 A, Sarijadi, Kec. Sukasari,
Kota Bandung, Jawa Barat berlokasi secara strategis di antara universitas dan sekolah tinggi
dengan pangsa pasar utama mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh
terhadap loyalitas Pelanggan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah store
atmosphere dengan dimensi instore atmosphere dan outstore atmosphere untuk variabel yang
dipengaruhi loyalitas pelanggan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan metode penelitian survey.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
terhadap konsumen café dan wawancara terhadap Finance café Hellikopi. Teknik penentuan
jumlah sampel menggunakan rumus slovin, sampel diuji menggunakan beberapa teknik
pengujian yaitu adalah pengukuran nilai pernyataan kuesioner, uji validitas, uji reliabilitas, uji
normalitas, uji Heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, kemudian uji hipotesis lalu
pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel store
atmosphere dengan loyalitas pelanggan hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan
menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dengan hasil nilai koefisien korelasi
0.772 yang menandakan hubungan kuat menurut kriteria Guilford.
Hasil dari penelitian juga menunjukan bahwa variabel store atmosphere berpengaruh
siginifikan terhadap loyalitas pelanggan dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi dengan
hasil nilai 52.1% dan hasil pengujian hipotesis dengan hasil nilai thitung variabel Store
atmosphere (X) berada pada daerah penolakan H0 (10.316 > 1.984) yang berarti dapat
disimpulkan semakin baik store atmosphere maka loyalitas pelanggan akan meningkat.
Berikut saran yang diberikan penulis kepada perusahaan ini yaitu mempertahankan loyalitas
pelanggan yang sudah dimiliki dan perusahaan sebaiknya memperbaiki beberapa hal diantaranya menambah bantalan pada kursi yang digunakan konsumen dan memasang alat
automated perfume dispenser dengan memilik wewangian yang tidak akan mengganggu
konsumen atau berlawanan dengan wangi kopi untuk menambah loyalitas pelanggan.