Rancangan rantai nilai desa wisata dalam menciptakan keunggulan bersaing desa wisata Adat Cireundeu

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Kusuma, Michelle
dc.date.accessioned 2022-02-25T02:21:25Z
dc.date.available 2022-02-25T02:21:25Z
dc.date.issued 2021-08-20
dc.identifier.issn KODEPRODI808#Ilmu Administrasi Bisnis
dc.identifier.other tes2064
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12720
dc.description.abstract Desa Wisata Adat Cireundeu merupakan destinasi pariwisata yang menawarakan wisata berfokus pada edukasi budaya, khususnya budaya Sunda. Beragamnya pilihan destinasi wisata memperlihatkan ketatnya persaingan industri pariwisata dalam menjadikan destinasinya sebagai pilihan wisatawan. Dalam industri pariwisata pengalaman wisatawan merupakan faktor utama yang membedakan dari pesaing. Desa Wisata Adat Cireundeu memiliki keunikan dalam budayanya yang dikembangkan menjadi kegiatan wisata, tetapi hal tersebut tidak cukup untuk mendukung penciptaan keunggulan bersaing dibutuhkan juga adanya pembentukkan pengalaman di setiap rantai nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah case study dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi mengenai rantai nilai pariwisata di Desa Wisata Adat Cireundeu dan teknik analisis data menggunakan pattern matching dengan tujuan untuk merancang rantai nilai pariwisata yang tepat di Desa Wisata Adat Cireundeu. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan rantai nilai pariwisata Desa Adat Cireundeu melalui identifikasi pelaku wisata yang terdiri dari tiga pelaku yaitu pelaku kunci, pelaku primer dan pelaku sekunder. Strategi diferensiasi dilakukan melalui tema utama wisata yaitu Gastro Diplomacy sebagai daya tarik utama Desa Adat Cireundeu dan terdapat aktivitas utama dan aktivitas sekunder yang menghasilkan produk dan layanan wisata. Rantai nilai pariwisata Desa Adat Cireundeu melalui tiga tahap yaitu Pre-trip, Trip dan Post-trip. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject Rantai Nilai Pariwisata en_US
dc.subject Desa Wisata en_US
dc.subject Keunggulan Bersaing en_US
dc.title Rancangan rantai nilai desa wisata dalam menciptakan keunggulan bersaing desa wisata Adat Cireundeu en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8081801009
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account