Upaya Greenpeace dalam mendorong perusahaan Kimberly Clark dalam kebijakan ramah lingkungannya melalui Kampanye Kleercut untuk memperhatikan pelestarian lingkungan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indraswari, Ratih
dc.contributor.author Tarigan, Juwita Putri
dc.date.accessioned 2022-02-04T06:34:51Z
dc.date.available 2022-02-04T06:34:51Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40094
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12694
dc.description 9423 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kimberly-Clark merupakan sebuah perusahaan manufaktur produk perawatan berbasis kertas. Dalam produksinya Kimberly-Clark tidak memperhatikan konsekuensi produksi terhadap lingkungan. Maka, Greenpeace sebagai organisasi lingkungan membuat sebuah gerakan sosial yang berbentuk kampanye sebagai alat untuk menekan Kimberly-Clark. Kampanye merupakan bagian dari gerakan sosial. Gerakan sosial memiliki dua gelombang yaitu; gerakan sosial lama dan gerakan sosial baru. Dulu dalam Old Social Movement gerakan sosial melakukan kampanye untuk mengangkat isu-isu politik dan ekonomi. Sekarang dalam New Social Movement gerakan sosial melakukan kampanye untuk isu-isu sosial dan budaya. Pembatasan masalah adalah Kampanye Kleercut yang dilakukan di Kanada mulai dari tahun 2004-2009. Aktor yang difokuskan adalah Greenpeace. Pertanyaan penelitian yang dirumuskan adalah “Bagaimana Greenpeace Melalui Kampanye Kleercut Dapat Menekan Kebijakan Kimberly-Clark Terkait Isu Lingkungan Agar Dapat Berproduksi Dengan Melihat Keselamatan Lingkungan?” Dalam menjawab pertanyaan tersebut digunakan New Social Movement Theory, ada beberapa cara yang digunakan menurut teori ini, yaitu; taktik mengganggu untuk memobilisasi opini publik dan demonstrasi dramatis yang direncanakan dengan representasi simbol untuk menekan Kimberly-Clark. Hasil analisa adalah melalui Kampanye Kleercut yang dilakukan oleh Greenpeace, Greenpeace dapat menekan Kebijakan ramah lingkungan Kimberly-Clark hal tersebut dapat dilihat dari dijalankannya persyaratan yang diberikan oleh Greenpeace kepada Kimberly-Clark yaitu; Kimberly-Clark mengambil 100% (persen) serat kayu untuk produksinya dari sumber yang bertanggung jawab terhadap lingkungan (bahan daur ulangatau memiliki sertifikasi FSC) dan keluar sepenuhnya dari hutan boreal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject New Social Movement Theory en_US
dc.subject Kampanye en_US
dc.subject Kleercut en_US
dc.subject Kebijakan Ramah Lingkungan, en_US
dc.subject Lingkungan. en_US
dc.title Upaya Greenpeace dalam mendorong perusahaan Kimberly Clark dalam kebijakan ramah lingkungannya melalui Kampanye Kleercut untuk memperhatikan pelestarian lingkungan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330064
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405068602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account