Analisis strategi bisnis perusahaan minuman Sehat Yogo

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Panggian, Albert
dc.date.accessioned 2022-02-04T04:02:21Z
dc.date.available 2022-02-04T04:02:21Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40042
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12691
dc.description 9371 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perusahaan Yogo merupakan sebuah perusahaan yogurt juice pertama di Indonesia yang beroperasi sejak mei 2019 dan telah memiliki 2 cabang yakni di Mal Living World Alam Sutra dan Mal Kelapa Gading 3 Jakarta. Pada perkembangan zaman modern sekarang ini membuat perilaku konsumtif masyarakat menjadi bertambah, terutama faktor perilaku konsumtif masyarakat terhadap makanan dan minuman. Seiring berjalannya waktu masyarakat sadar akan kesehatan mereka dan biaya pengobatan yang mahal sehingga mendorong masyarakat menerapkan healthy lifestyle dengan melakukan olahraga secara rutin maupun memilih makanan ataupun minuman sehat. Kemudian para founder dari perusahaan yogo melihat peluang dari perilaku masyarakat yang semakin konsumtif dan adanya tren healthy lifestyle yang kemudian membuat produk minuman sehat yakni yogurt juice yang dapat dinikmati dikalangan masyarakat usia muda sampai dengan usia lanjut. Adanya ancaman dari pendatang baru yang memiliki modal yang lebih besar dan produk pengganti mendorong perusahaan yogo berinovasi untuk dapat bersaing dan bertahan dengan pendatang baru tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi yang digunakan perusahaan yogo dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara terstruktur dan observasi tidak terstruktur. Data di analisis menggunakan analisis internal yaitu operasional, pemasaran, keuangan, dan juga SDM. Adapun juga analisis eksternal menggunakan Porter’s Five Forces. Kemudian di analisis menggunakan Matriks SWOT. Penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini strategi yang digunakan oleh perusahaan Yogo, yaitu diferensiasi pada upaya membuat produk minuman sehat yang berbeda berupa yogurt juice pertama di Indonesia. Sementara itu, untuk strategi yang akan datang berdasarkan matriks SWOT strategi yang sudah diimplementasikan yaitu Focus Differentiation Strategy, berdasarkan teori strategi generik menurut Irwin. Dari analisis tersebut perusahaan yogo perlu menyiapkan rancangan strategi untuk kedepannya yang membantu dalam mencapai fokus yang diinginkan tersebut. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.subject Healthy Lifestyle en_US
dc.subject Analisis Internal en_US
dc.subject Analisis Eksternal en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.title Analisis strategi bisnis perusahaan minuman Sehat Yogo en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320228
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account