Abstract:
Perusahaan Yogo merupakan sebuah perusahaan yogurt juice pertama di
Indonesia yang beroperasi sejak mei 2019 dan telah memiliki 2 cabang yakni di Mal
Living World Alam Sutra dan Mal Kelapa Gading 3 Jakarta. Pada perkembangan
zaman modern sekarang ini membuat perilaku konsumtif masyarakat menjadi
bertambah, terutama faktor perilaku konsumtif masyarakat terhadap makanan dan
minuman. Seiring berjalannya waktu masyarakat sadar akan kesehatan mereka dan
biaya pengobatan yang mahal sehingga mendorong masyarakat menerapkan healthy
lifestyle dengan melakukan olahraga secara rutin maupun memilih makanan ataupun
minuman sehat. Kemudian para founder dari perusahaan yogo melihat peluang dari
perilaku masyarakat yang semakin konsumtif dan adanya tren healthy lifestyle yang
kemudian membuat produk minuman sehat yakni yogurt juice yang dapat dinikmati
dikalangan masyarakat usia muda sampai dengan usia lanjut. Adanya ancaman dari
pendatang baru yang memiliki modal yang lebih besar dan produk pengganti
mendorong perusahaan yogo berinovasi untuk dapat bersaing dan bertahan dengan
pendatang baru tersebut.
Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi yang digunakan perusahaan
yogo dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis
dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode
wawancara terstruktur dan observasi tidak terstruktur. Data di analisis menggunakan
analisis internal yaitu operasional, pemasaran, keuangan, dan juga SDM. Adapun juga
analisis eksternal menggunakan Porter’s Five Forces. Kemudian di analisis
menggunakan Matriks SWOT.
Penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini strategi yang digunakan oleh
perusahaan Yogo, yaitu diferensiasi pada upaya membuat produk minuman sehat
yang berbeda berupa yogurt juice pertama di Indonesia. Sementara itu, untuk strategi
yang akan datang berdasarkan matriks SWOT strategi yang sudah diimplementasikan
yaitu Focus Differentiation Strategy, berdasarkan teori strategi generik menurut Irwin.
Dari analisis tersebut perusahaan yogo perlu menyiapkan rancangan strategi untuk
kedepannya yang membantu dalam mencapai fokus yang diinginkan tersebut.