Abstract:
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor bagi pemerintah untuk
meningkatkan devisa negara, mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan
membantu penciptaan lapangan kerja. Pertumbuhan sektor pariwisata yang
meningkat, salah satu nya dilihat dari banyaknya pelaku bisnis agen perjalanan
dan wisata yang hadir sehingga membuat pesaingan di industri ini semakin ketat.
TX Travel Sunda adalah salah satu pelaku bisnis di sektor pariwisata, sehingga
dengan penggunaan strategi yang tepat merupakan hal yang penting bagi
perusahaan agar perusahaan dapat terus bersaing dengan pesaingnya di sektor
bisnis pariwisata.
Tujuan penelitian ini adalah membahas strategi yang saat ini perusahaan
terapkan dalam mempertahankan eksistensinya di sektor pariwisata, faktor
lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, serta
rancangan strategi yang kedepannya dapat diterapkan berdasarkan analisis faktor
internal yaitu analisis empat fungsi bisnis dan faktor eksternal yaitu analisis
PESTLE dan analisis Porter’s 5 Forces, analisis internal dan eksternal digunakan
untuk merumuskan kelebihan, kekurangan, peluangan, dan ancaman (SWOT)
sehingga perusahaan dapat terus bersaing di dalam sektor bisnis pariwisata.
Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus.
Berdasarkan hasil analisis, saran rancangan strategi yang dapat diterapkan
di masa yang akan datang oleh perusahaan adalah strategi fokus biaya rendah.
Diharapkan dengan penerapan strategi fokus biaya rendah, perusahaan mampu
untuk mempertahankan eksistensi nya dalam sektor pariwisata.