Abstract:
Meningkatnya jumlah coffee shop berdampak pada persaingan industri coffee shop yang menjadi semakin ketat. Salah satu usaha yang mencoba peruntungan dalam industri ini adalah Kopi Lain Hati yang merupakan sebuah franchise. Kopi Lain Hati menggunakan strategi diferensiasi, dimana menawarkan varian minuman yang unik, menggunakan bahan baku yang berbeda dari coffee shop lainnya, dan melakukan pemasaran menggunakan video pendek melalui media sosial Instagram. Sehingga pada penelitian ini, peneliti ingin melihat apakah persepsi pemilik mengenai strategi bersaing yang digunakan telah sesuai dengan analisis yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan analisis lingkungan eksternal yaitu Porter’s Five Forces, dan analisis lingkungan internal melalui fungsi operasional, marketing, keuangan & akuntansi, serta SDM. Setelah itu, dilakukan analisis Matriks SWOT untuk melihat strategi apa yang dapat diusulkan oleh peneliti untuk Kopi Lain Hati.
Berdasarkan hasil analisis, Kopi Lain Hati yang menggunakan strategi bersaing diferensiasi untuk membuat produk yang unik, bahan baku berkualitas, dan pemasaran yang unik tersebut telah berhasil digunakan untuk bersaing dalam industri coffee shop. Sehingga persepsi pemilik mengenai strategi bersaing yang digunakan telah sesuai dengan analisis yang dilakukan. Untuk dapat terus bersaing dalam industri coffee shop, Kopi Lain Hati dapat bekerjasama dengan brand lain untuk menghasilkan varian kopi yang unik, dan memperluas pangsa pesar dengan membuka franchisee di berbagai daerah di Indonesia.