Abstract:
Tiga kebutuhan utama manusia yaitu sandang,pangan,papan.Seiring
perekonomian yang terus tumbuh dari tahun ke tahun masyarakat sudah
mulai mengalokasikan kemampuan kepada kebutuhan papan. Bisnis retail
supermarket bahan bangunan mempunyai prospek yang sangat baik.
Dikarenakan customer bahavior juga mengalami perubahan dari perilaku
tradisional ke perilaku modern hal tersebut berdampak pada orientasi
masyarakat yang berubah pada saat berbelanja memenuhi kebutuhannya,
masyarakat ingin mendapat pengalaman yang berbeda saat berbelanja
seperti kenyamanan. Dengan daya beli masyarakat meningkat, saat ini
masyarakat tidak hanya memikirkan fungsi dari perlengkapan bahan
bangunan itu sendiri, melainkan sudah mulai tertarik dengan fungsi estetika
dari perlengkapan bahan bangunan yang akan diaplikasikan di dalam rumah.
Penelitian ini besifat deskriptif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
untuk mengetahui potensi perkembangan PT. Anyar Retail Indonesia dari
awal RKM didirikan sampai dengan saat ini, selanjutnya untuk mengetahui
strategi ekspansi apa yang telah di lakukan oleh PT. Anyar Retail Indonesia,
dan untuk mengetahui peluang kesuksesan atas langkah yang di ambil PT.
Anyar Retail Indonesia dalam melakukan ekspansi pada bisnis retail
swalayan bahan dan keperluan bangunan RKM.Peneliti menggunakan
Analisis Lingkungan Industri untuk membantu perumusan keadaan
perusahaan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis, Peneliti menyimpulkan bahwa dengan potensi
pengembangan PT.Anyar Retail Indonesia memiliki dari awal didirikan
sampai dengan saat ini adalah potensinya semakin baik. strategi ekspansi
yang di lakukan tergolong efektif karena terjadi peningkatan mutu
manajemen, produk, dan jalur distribusi. Peluang kesuksesan tergolong
tinggi karena brand image sudah terbentuk dan sudah memiliki pasar.