Abstract:
Perkembangan internet berkembang pesat ditandai dengan masifnya penetrasi
media sosial. Sejalan dengan perkembangan tersebut, berdampak pada strategi
pemasaran secara digital dengan media sosial sebagai medium. Dalam strategi
pemasaran tersebut dikenal dengan istilah Content Marketing. RAD Jersey adalah
salah satu bisnis yang memanfaatkan strategi Content Marketing dengan
menggunakan media sosial Instagram. Namun pemanfaatan strategi tersebut tidak
disertai dengan hasil yang tepat. Hal ini ditandai dengan rendahnya Customer
Engagement rate diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
Content Marketing terhadap Customer Engagement pada akun media sosial
Instagram RAD Jersey.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan
explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan
data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online kepada 105
responden yang merupakan followers akun Instagram @radjersey dengan teknik
pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Content Marketing
memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap Customer Engagement
sebesar 64.4 %. Adapun, apabila diuji secara parsial Reader Cognition dan Life
Factors berpengaruh signifikan, sedangkan Sharing Motivation, Persuasion, dan
Decision Making tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Engagement.
Saran untuk RAD Jersey untuk membuat konten pada Instagram
RAD Jersey agar lebih interaktif, RAD Jersey harus mampu meningkatkan konten
yang interaktif dengan mengunggah konten yang bersifat Entertain seperti quiz,
event, dan berbagai variasi lainnya. Selain itu, RAD Jersey diharapkan tidak hanya
membuat konten yang memiliki pengaruh secara pribadi kepada followers, namun
juga dengan mengunggah konten yang memiliki pengaruh pada temannya,
keluarganya, atau bahkan lingkungan sosialnya.